Best Blogger Tips

Saturday, July 20, 2013

Kupatan

Kupat dalam bahasa Arab adalah bentuk jamak dari kafi, yakni kuffat yang berarti sudah cukup harapan. Kupatan yaitu tradisi yang dilaksanakan pada hari ke-7 setelah Idul Fitri dengan keramaian hiburan rakyat mulai pagi sampai sore. Tradisi ini sangat terasa jika kita berada di kota Kudus, Jepara, Pati, Demak, Kendal dan daerah-daerah yang lain terutama Pantura. Karena dihari kupatan, masyarakat Kudus, Jepara dan sekitar merayakan kupatan dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu, misalnya Bulusan di Kudus, pantai Kartini dan Bandengan di Jepara. Tempat tersebut sampai sekarang masih menjadi wisata favorit untuk menghabiskan hari raya Kupatan.
Tidak diketahui persis kapan mulai berkembangnya tradisi Kupatan dan apa makna filosofi dari perayaan tradisi tersebut. Ada yang berpendapat bahwa Kupatan merupakan hari raya orang yang berpuasa 6 hari pada satu minggu setelah Lebaran hari pertama yaitu tanggal 2-7 Syawal. Pendapat lain mengatakan bahwa Kupatan berasal dari kata Kupat singkatan dari ngaku lepat, artinya adalah mengaku salah. Kupatan berarti ngaku kelepatan, mengakui banyak kesalahan. Apapun makna dan filosofinya, Kupatan merupakan tradisi yang penuh dengan makna khususnya Jawa. Secara sosiologis, seolah Kupatan telah mengajarkan arti pentingnya saling bertemu dan saling mengakui kesalahan serta memaafkan satu sama lain.
Tradisi Kupatan berangkat dari upaya-upaya Walisongo memasukkan ajaran Islam. Karena zaman dulu orang Jawa selalu menggunakan simbol-simbol tertentu, akhirnya para Walisongo memanfaatkan cara tersebut. Sehingga tradisi Kupatan menggunakan simbol janur atau daun kelapa muda berwarna kuning. Janur dalam bahasa Arab berasal dari kata Ja a Nur  yang berarti telah datang cahaya. Biasanya oleh masyarakat Jawa, janur digunakan dalam suasana suka cita, umumnya dipasang dalam acara pernikahan atau momen bahagia lain.
Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2013 Budaya Kudus. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Budaya Kudus
Blogger by Budaya Kudus