Best Blogger Tips

Saturday, July 20, 2013

Wayang sebagai media pesan

Kudus, Terdaftar di UNESCO pada tanggal 7 november 2003 menjadikan Wayang naik daun dan menjadi icon negara Indonesia. Peningalan budaya leluhur ini tak sepenuhnya sebagus prestasinya.
Wayang adalah budaya pertunjukan asli Indonesia yang berkembang pesat di pulau Jawa. Menjadikan wayang menjadi primadona di pulau tersebut. Pertunjukan wayang merupakan salah satu objek menarik dari peninggalan ini, pertunjukan wayang tersebut biasanya digelar pada bulan-bulan tertentu atau perayaan tertentu.
Biasanya pertunjukan wayang ini digelar setiap bulan ruwah pada penanggalan Jawa, namun ada juga pergelaran wayang yang dilakukan sebagai ucapan syukur. "Dalang" atau pencerita wayang adalah seorang laki-laki yang memimpin jalannya pertunjukan wayang.
Dalang
Wayang kulit merupakan jenis mediasi wayang yang biasanya digunakan dalam pertunjukan. Setiap tokoh wayang yang dimainkan biasanya mempunyai watak sendiri-sendiri, bahkan ada tokoh pewayangan yang tak diperbolehkan dimainkan di daerah tertentu. Isi dari pertunjukan wayang berbeda-beda, biasanya seorang dalang menceritakan tentang ekonomi, keagaaman dan cerita pewayangan.
Tak jarang saat tradisi tersebut dilanggar sering terjadi petaka didaerah tersebut, tragedi disetiap daerah berbeda-beda, ada yang gempa, wabah penyakit bahkan kematian warga. Biasanya sebelum petunjukan seorang dalang melakukan puasa beberapa hari sebagai syarat seorang dalang, dalang tersebut biasanya ditemani oleh sinden yang membacakan kata-kata petuah.
Gamelan adalah jenis musik yang digunakan saat pertunjukan wayang, tak pernah absen gemelan tersebut dalam setiap pertunjukan. Namun dibalik pentingnya seorang dalang tersimpan kepedihan, pasalnya generasi muda sekarang sudah jarang mempelajari ilmu perwayangan.
Jenis wayang di Indonesia berbeda-beda, salah satunya wayang kulit dan wayang boneka. Harga 9-10 setiap pertunjukan membuat wayang tetap axis, sampai sekarang pertunjukan wayang masih di lestarikan oleh masyarakat
Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2013 Budaya Kudus. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Budaya Kudus
Blogger by Budaya Kudus